Thursday 10 May 2012

Cara Praktis dan Efisien Ping Blog ke Mesin Pencari Google, Yahoo, Bing dan ASK

Kali ini BagongKewez akan sharing tentang Ping ke Mesin Pencari seperti Google, yahoo, bing dan ASK. setelah kita membuat blog di Blogspot maka langkah selanjutnya adalah melakukan ping blog ke mesin pencari, nah kali ini saya akan membahas Cara ping blog ke mesin pencari google, yahoo, bing dan ASK di Blogspot. mesin pencari . Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memberitahu search engine bahwa kita telah mengupdate tulisan atau blog adalah dengan melakukan ping sitemap ke mesin pencari tersebut. Dan untuk blogger sendiri kita harus melakukannya secara manual, hal ini berbeda dengan wordpress yang segalanya bisa dilakukan secara otomatis. Terlepas dari itu cara manual ini cukup efektif jika kita ingin tulisan yang baru dipublikasikan bisa langsung cepat diindeks oleh search engine.

Berikut adalah alamat ping sitemap masing - masing search engine dan cara penggunanaanya sangat mudah yaitu cukup copy pastekan alamat dibawah ini ke address bar browser dan ganti kode yang berwarna merah dengan alamat blog sobat.

CARA PING BLOG
Nge-ping adalah suatu cara untuk memberikan tanda kepada beberapa mesin pencari bahwa kita sudah mengadakan perubahan terhadap weblog kita. Istilah ini hampir mirip dengan istilah "Track Back". Kapan kita melakukan ping? Kita lakukan ping setelah merubah template atau sesaat setelah postingan kita terbitkan.
Tools untuk Ping
Banyak tool online yang beredar di internet yang dapat membantu kita dalam kegiatan ping. Namun ada satu Ping Tool yang saya rasa cukup lumayan untuk membantu kita dalam ping dan membantu agar artikel/postingan yang kita buat cepat terindeks mesin pencari, tool tersebut adalah Mypagerank net dan Auto Ping com.
* Langkah pertama, silakan sobat membuat akun di Mypagerank net dengan meng-akses disini : http://www.mypagerank.net/
* Setelah sobat membuat akun, silakan login sebagai member disana. Kemudian silakan akses : http://www.mypagerank.net/service_pingservice_index
* Masukkan "Blog Title" dengan nama blog sobat, masukkan alamat URL weblog sobat di "Blog URL" kemudian masukkan verifikasi kata dan Select All, kemudian klik Ping Updates Sites.
* Weblog sobat akan disebarkan ke agregator lainnya.
Membuat Tools Ping Di Blog
Untuk ping harian dan memudahkan dalam Ping, maka ada juga tool banner ping yang sobat dapat tambahkan di blog. Silakan sobat akses di : http://www.auto-ping.com/ , kemudian Copy kode HTML yang diberikan (posisi paling bawah), lalu Paste-kan di sidebar/footer badan blog sobat (Gadget HTML). Silakan sobat klik button Auto Ping baik itu di ketika sobat berada di URL blog maupun ketika di URL postingan. "..To ping your current page, you click in image link from your website or blog, and we ping the current page from your website or blog.." Autoping.com

Alamat Ping Sitemap masing - masing search engine
Google
http://www.google.com/webmasters/sitemaps/ping?sitemap=http://blog-kamu.blogspot.com/atom.xml

Yahoo
http://search.yahooapis.com/SiteExplorerService/V1/ping?sitemap=http://blog-kamu.blogspot.com/atom.xml

Bing
http://www.bing.com/webmaster/ping.aspx?siteMap=http://blog-kamu.blogspot.com/atom.xml

Ask
http://submissions.ask.com/ping?sitemap=http://blog-kamu.blogspot.com/atom.xml
Demikian artikel yang saya sharing kepada teman teman tentang Cara Praktis dan Efisien Ping Blog ke Mesin Pencari Google, Yahoo, Bing dan ASK

Semoga Artikel ini bermanfaat .

Artikel Terkait

Bijaklah dalam berkomentar
EmoticonEmoticon