Thursday, 10 May 2012

12 TIPS BERKOMPUTER SEHAT DEMI KESELAMATAN KERJA


Aspek kesehatan dan keselamatan dalam bekerja adalah salah satu hal utama yang perlu diperhatikan ketika kita sedang melakukan pekerjaan. Apalagi jika kita bekerja di dalam medan berbahaya ataupun menggunakan mesin-mesin yang mempunyai tingkat bahaya yang tinggi.

Walaupun begitu, aspek kesehatan dan keselamatan kerja juga tidak boleh diabaikan walaupun kita bekerja dalam lingkungan yang relatif aman misalnya saja bekerja di depan komputer.
Walaupun tingkat kecelakaan saat bekerja di depan komputer sangat kecil atau bahkan bisa dibilang tidak ada, tetapi jika aspek kesehatan dan keselamatan kerja K3 dalam penggunaan komputer tidak diperhatikan, tidak mustahil jika kita akan mengalami kecelakaan saat bekerja di depan komputer. 
  1. Gunakan kursi yang secara dinamis dapat diatur tinggi-rendah dan senderan punggungnya .
  2. Posisi monitor bagian paling atas setidaknya setinggi 5-8 cm di atas arah pandang mata .
  3. Untuk menghindari efek silau dari layar monitor, bisa gunakan filter atau pelindung anti-silau .
  4. Duduklah dengan jarak sekitar satu rentangan tangan dari monitor.
  5. Kaki harus dapat menjejak pada lantai atau pada pijakan kaki yang stabil.
  6. Jika menggunakanalat pemegang/penjepit dokumen, tingginya samakan dengan layar monitor .
  7. Antara siku dan pergelangan tangan sejajar dan lurus saat menggunakan keyboard / mouse .
  8. Lengan dan siku berada dalam posisi santai dekat dengan tubuh Anda .
  9. Monitor dan keyboard posisikan di tengah hadapan Anda .
  10. Gunakan keyboard yang memiliki bagian pengungkit di bawahnya untuk mengatur posisi .
  11. Gunakan alas kerja atau meja yang stabil dan tidak goyah .
  12. Sesekali lakukan istirahat pendek dengan berdiri .
 
Aspek Kesehatan dan Keselamatan Kerja K3 Dalam Penggunaan Komputer
Kesehatan dan Keselamatan Kerja K3 dalam penggunaan komputer juga wajib kita perhatikan karena komputer juga mempunyai tingkatbahaya yang relative tinggi jika kita tidak memperhatikannya. Beberapa bahaya yang ditimbulkan oleh komputer dan cara penanggulangannya antara lain:

Radiasi
Jika kita masih mempergunakan monitor komputer CRT atau monitor tabung, kita wajib berhati-hati saat bekerja di depan komputer. Hal ini disebabkan karena monitor tabung memancarkan radiasi yang sangat berbahaya untuk mata. Radiasi ini bisa mengakibatkan mata perih, bahkan dalam penggunaan jangka panjang akan mengakibatkan mata minus.
Untuk menghindari penyakit yang disebabkan oleh penggunaan monitor CRT, kita bisa menggunakan monitor LCD sebagai pengganti monitor CRT. Teknologi LCD ini tidak menyebabkan adanya radiasi bagi penggunanya. Karena teknologi tinggi tersebut, maka harga yang ditawarkan LCD ini jauh lebih tinggi daripada harga monitor CRT. 
Tetapi tidak usah khawatir, karena selain menggunakan LCD, kita juga bisa menggunakan layar anti radiasi untuk monitor CRT kita. Layar anti radiasi ini bisa kita peroleh di toko elektronik atau took komputer dengan harga yang relatif murah.

Listrik
Listrik adalah bahaya lain yang mengancam saat kita menggunakan komputer. Bahaya akibat listrik ini dapat terjadi karena masalah kabel listrik yang tidak tertata dengan baik. Kabel listrik yang tidak beraturan selain tidak enak dipandang mata juga bisa mengakibatkan bahaya ketika kita tersandung kabel tersebut.
Atau kabel yang mengelupas bisa membuat kita tersengat listrik ketika menginjaknya. Karena itu pengaturan kabel yang merupakan sumber daya komputer harus tertata dengan rapi dan lebih baik lagi jika menggunakan jalur kabel untuk meletakkan kabel tersebut.

Posisi Duduk
Posisi duduk ketika bekerja di depan komputer juga bisa mengakibatkan bahaya. Posisi duduk yang sama dan dalam jangka waktu yang lama akan mengakibatkan urat-urat kaku dan menyebabkansakit urat otot. Selain itu penyakit wasir atau ambeien juga mengancam bagi orang-orang yang terlalu lama duduk.
Penyakit akibat terlalu banyak duduk ini bisa dihindari dengan beristirahat selama 5 menit setelah bekerja satu jam. Gunakan waktu istirahat ini untuk berjalan santai misalnya saja mengambil minumataupun melihat-lihat keluar jendela. Selain itu perbanyaklah minum untuk menghindari dehidrasi.
Setelah kita mengetahui aspek kesehatan dan keselamatan kerja k3 dalam penggunaan komputer, semoga  kita bisa terhindar darikecelakaan saat bekerja menggunakan komputer. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah segeralah memeriksakan diri ke dokter apabila ada keluhan-keluhan sakit setelah bekerja menggunakan komputer agar penyakit dapat diketahui dan diobati sedini mungkin.  

Semoga Artikel ini dapat membantu anda .
. . . S E M O G A   B E R M A N F A A T . . .

Bijaklah dalam berkomentar
EmoticonEmoticon